Apa itu Waterproofing? Pengertian dan 4 Manfaat Waterproofing

Jasa Waterproofing

Tahukah Anda apa itu jasa waterproofing? Bagi sebagian masyarakat, terutama yang acap bersinggungan dengan bidang konstruksi, waterproofing bukan hal yang asing lagi. Namun tidak dapat dipungkiri bahwa sebagian pun awam akan hal tersebut. Apa sebenarnya definisi yang tepat mengenai waterproofing? Apa saja manfaat waterproofing yang menjadikannya penting untuk dilakukan?

Mengenal Deskripsi Waterproofing

Asal kata dari “waterproofing” adalah “waterproof”, di mana merupakan kosa kata Bahasa Inggris yang berarti anti air. Dalam hal ini berarti suatu objek tidak menyerap air sama sekali. Jadi, bila ada air yang mengenainya, item tersebut hanya akan basah sesaat saja.

Suku kata tersebut kemudian ditambahkan kata kerja “—ing”. Sehingga, berdasarkan etimologi bahasa, jasa waterproofing berarti segala macam tindakan yang dilakukan untuk membuat objek menjadi anti air.
Tindakan tersebut merupakan sebuah teknik yang diterapkan pada pengerjaan konstruksi bangunan agar gedung yang dihasilkan kedap terhadap air. Untuk mencapai tujuan waterproofing, maka hampir setiap sudutnya harus diberi lapisan bahan bersifat kedap air.

BACA JUGA : JASA EPOXY LANTAI TERBAIK

Jasa Waterproofing 5

Manfaat Jasa Waterproofing Bangunan

Kenapa sebuah bangunan disarankan untuk dilakukan tindakan waterproofing? Apa saja faedahnya hingga waterproofing menjadi hal yang penting? Hal itu tidak terlepas dari pengertian apa itu waterproofing dan manfaatnya :

  1. Mencegah dinding lembab, terutama pada bagian eksterior bangunan yang sering terkena air hujan atau cipratan air jalanan jika posisi gedung dekat jalan utama. Secara otomatis, cat pun akan menempel dengan lebih baik dan tidak mengelupas. Dari segi warna pun menjadi lebih hidup.
  2. Atap rumah lebih awet dan anti bocor. Permasalahan ini merupakan salah satu manfaat besar dari waterproofing. Sebab, atap yang bocor berpotensi membuat air hujan merembes ke dalam rumah dan merusak konstruksi bangunan secara perlahan.
  3. Lantai yang diberi lapisan waterproof terhindar dari risiko licin dan juga tidak terlalu mudah kotor akibat debu yang menempel.
  4. Nilai properti bangunan waterproofing lebih mahal dibandingkan non-waterproofing. Sebab, waterproofing juga termasuk tindakan asuransi bahwa bangunan tersebut memiliki ketahanan yang cukup baik.
  5. Risiko untuk melakukan renovasi lebih kecil jika waterproofing dilakukan di awal pembangunan gedung. Tentunya hal ini menghemat anggaran pemilik rumah karena renovasi biasanya menghabiskan dana senilai bangunan baru.

Secara keseluruhan, dengan memahami apa itu waterproofing dan mengaplikasikannya, keuntungan utamanya adalah bangunan menjadi lebih awet. Sebab, tidak dapat dipungkiri bahwa meskipun air dibutuhkan dalam banyak sendi kehidupan, namun untuk sebuah bangunan dapat memiliki efek negatif yang merusak. Waterproofing merupakan sebuah metode untuk mencegahnya terjadi.

Jasa Waterproofing 6

Karakteristik Bangunan Tanpa Jasa Waterproofing

Meskipun manfaat yang bisa didapatkan melalui pengaplikasian teknik waterproofing sangat besar, faktanya masih banyak pemilik bangunan yang memilih mengabaikannya. Padahal dari pengamatan mata telanjang saja, bisa terlihat jelas perbedaan antara bangunan waterproofing dan bangunan non-waterproofing. Seperti apa karakteristik bangunan tanpa pelapis kedap air?

  • Dindingnya lapuk, lembab, dan berjamur.
  • Atap mengalami kebocoran parah.
  • Lantai terlalu licin.

Ciri-ciri di atas sangat mudah untuk dikenali dan jelas secara langsung merugikan pemilik maupun penghuni bangunan. Sebab, semakin lama dibiarkan kondisi di atas tanpa dilakukan perbaikan, akan banyak insiden yang muncul dan mengganggu aktivitas penghuni bangunan.

Waterproofing Sebagai Tindakan Preventif Maupun Penanggulangan

Melalui pengertian tentang apa itu waterproofing sekaligus manfaatnya, dapat disimpulkan bahwa tindakan waterproofing merupakan hal penting. Baik sebagai tindakan pencegahan agar bangunan tidak sampai mengalami kerusakan maupun penanggulangan bila terlanjur muncul masalah konstruksi bangunan akibat tidak dilakukan waterproofing di awal konstruksi. Terlebih, pengaplikasian dari waterproofing pun mudah dan biayanya terjangkau.

Logo Fazura Epoxy Transparant

CV. Fazura Epoxy Flooring

Gg. Cluster CG, Kel. Gondrong,
Kec. Cipondoh, Kota Tangerang,
Banten, Indonesia – 15146
Cek di Google Maps

Call : 021-55712373
Whatsapp :  0813-8168-4721 
Email : [email protected]

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *