Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik, mana yang lebih baik ?

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

Jasa Epoxy Lantai

Masih banyak sekali yang belum memahami tentang perbandingan epoxy lantai dengan keramik. Kurang familiernya epoxy lantai sebagai bahan pelapis lantai alternatif merupakan alasan utama. Bahkan, tidak sedikit yang mengira bahwa epoxy lantai sama dengan keramik berkat finishing akhir yang tampak halus dan licin.

Lantai keramik merupakan bahan yang paling umum digunakan sebagai pelapis lantai bangunan, baik gedung pribadi maupun tempat publik. Namun, beberapa tahun belakangan, popularitasnya tersaingi oleh kehadiran cat epoxy lantai. Lantas, bagaimana dengan perbandingan lantai keramik vs epoxy lantai? Mana yang lebih unggul di antara keduanya?

Epoxy Lantai vs Keramik, Mana yang Lebih Baik?

Pada dasarnya, epoxy lantai dan keramik memiliki persamaan perihal tujuan pengaplikasian. Kesamaan tujuan itu adalah menghasilkan permukaan lantai yang licin dan bersih. Namun, di luar itu, keduanya memiliki banyak perbedaan yang dapat diargumentasikan. Seperti apa perbedaan antara epoxy lantai dengan keramik dan mana yang lebih unggul? 5 Poin Mendasar Perbandingan Epoxy Lantai dengan Keramik

1. Daya Tahan

Bicara soal ketahanan dari epoxy lantai, karena sifatnya sebagai cat pelapis, maka sudah pasti memiliki waktu ketahanan maksimal. Epoxy lantai diklaim dapat bertahan hingga sepuluh hingga lima belas tahun tanpa cacat seperti lubang atau mengelupas dan merembes. Tentunya ketahanan epoxy patut diacungi jempol.

Sementara keramik merupakan material untuk melapisi pondasi lantai. Tapi karena tekstur aslinya sudah keras, dari segi ketahanan pun tidak terlalu fleksibel. Meskipun bisa bertahan puluhan tahun tanpa diganti, tapi banyak faktor yang meningkatkan urgensi perbaikan atau penggantian keramik merembes hingga pondasi amblas, pecah, dan sebagainya.

2. Kemampuan Waterproofing dan Anti Dust

Kemampuan waterproofing atau tahan air dan anti dust atau anti debu untuk lantai merupakan perbandingan kedua. Epoxy telah terbukti tahan terhadap berbagai jenis cairan, termasuk kimia. Sehingga lantai yang menggunakan epoxy lantai tidak akan mudah dirembesi oleh cairan. Sementara keramik tidak memiliki kemampuan anti air.

Namun menyoal perbandingan epoxy lantai dengan keramik soal kemampuan anti debu, keduanya bisa dibilang cukup imbang. Hanya saja, keramik lebih mudah ditempeli noda sedangkan permukaan epoxy membuat noda sulit membekas. Jadi, untuk kemampuan tahan air dan anti debu, epoxy jelas lebih unggul dibandingkan lantai keramik.

3. Pengaplikasian

Ketika membicarakan soal pengaplikasian, terutama lama proses, maka epoxy juga patut berbangga. Sebab, epoxy lebih mudah untuk diaplikasikan hingga penyelesaian finishing juga makan waktu lebih singkat. Sementara, keramik memerlukan waktu lebih lama karena harus disesuaikan presisi dan coraknya sedetail mungkin agar tidak timpang.

Meski begitu, sumber daya manusia yang mampu mengaplikasikan keramik lebih mudah didapatkan dibandingkan epoxy lantai. Hal itu tidak terlepas dari kecekatan dan konsentrasi tinggi yang dibutuhkan saat instalasi agar tidak terjadi kesalahan fatal, mengingat epoxy tidak bisa diperbaiki. Sedangkan keramik dapat dibongkar apabila terjadi ketidaksesuaian.

BACA JUGA : Jasa Epoxy Lantai

Jasa Epoxy Lantai

4. Biaya

Lantas bagaimana soal epoxy vs keramik dari segi biaya? Epoxy tentu lebih terjangkau karena tidak memerlukan bahan maupun peralatan yang rumit dalam eksekusinya. Sedangkan untuk keramik, biaya pembelian material saja bisa mencapai 2 – 3 kali lipat dari epoxy. Belum termasuk pemasangan dan bahan serta alat lainnya.

5. Desain

Keramik saat ini menawarkan banyak desain yang apik sebagai alternatif tampilan lantai bangunan. Namun perlu diingat bahwa pengaplikasiannya pun harus tepat sesuai pola. Sementara epoxy lantai berbeda karena secara umum menawarkan desain abstrak yang bebas dikreasikan oleh seniman epoxy lantai. Salah satu tren pengaplikasian epoxy lantai yang unik adalah lantai 3D.

BACA JUGA : JASA EPOXY LANTAI TERBAIK

Jasa Epoxy Lantai

Untung Rugi Menggunakan Lantai Keramik

Setelah lantai berupa plester, keramik hadir dengan tampilan yang lebih menarik, permukaan lebih halus, dan juga berkilau. Sederhananya, cantik dan elegan merupakan dua kata yang tepat untuk mendeskripsikan keramik sebagai pelapis lantai. Tidak heran bila dalam waktu singkat keramik menjadi pilihan favorit masyarakat. Keunggulan lantai keramik cukup banyak :

  • Tampilan keramik terus mengalami peningkatan dari masa ke masa, tidak hanya keramik polos namun disertai motif-motif unik.
  • Harga keramik relatif murah dan mudah didapatkan di pasaran.
  • Tidak memerlukan pekerja khusus untuk mengaplikasikan keramik, karena hampir semua tukang bangunan pasti menguasai tekniknya.

Namun, Anda juga perlu mengetahui bahwa selain praktis, mudah dipasang, serta relatif murah, terdapat kerugian dalam memilih keramik sebagai pelapis lantai :

  • Memiliki daya tahan yang relatif singkat. Biasanya setelah dua tahun, lantai keramik akan mulai berlubang atau retak. Jika tidak segera ditambal atau direvitalisasi, kerusakannya semakin parah.
  • Perbandingan lantai keramik vs epoxy selanjutnya adalah keramik kurang ramah pada sekitar. Sering kali permukaannya terlalu licin hingga membuat terpeleset, terutama anak-anak.
  • Tingkat kerapuhan keramik sangat tinggi jika mendapat tekanan yang cukup berat, contohnya dilewati oleh kendaraan beroda empat. Sehingga fleksibilitas area pengaplikasiannya cukup terbatas.

jasa epoxy lantai

Untung Rugi Menggunakan Epoxy Lantai

Cat epoxy lantai sejatinya telah lama ada, namun lebih umum digunakan sebagai lapisan untuk gudang parkir kendaraan berat seperti truk. Ketika keramik tidak dapat lagi memenuhi kebutuhan masyarakat, epoxy pun menjadi alternatif utama. Kini, epoxy lantai telah dimodifikasi dari berbagai segi agar lebih ramah untuk berbagai keperluan.

Banyak keuntungan yang bisa didapatkan dengan memilih cat epoxy lantai sebagai pelapis lantai bangunan :

  • Fleksibel untuk berbagai macam bangunan : indoor – outdoor, rumah pribadi, gudang, gedung olahraga dan lain-lain.
  • Memiliki beberapa opsi ketebalan sehingga dapat disesuaikan dengan jenis bangunan yang akan diaplikasikan epoxy.
  • Harga relatif terjangkau dengan pilihan warna yang cantik.
  • Jangka waktu pemakaian mencapai 10 tahun tanpa perlu dilakukan revitalisasi atau pengecatan ulang selama periode tersebut.
  • Memiliki ketahanan air maupun zat kimia yang bagus sehingga tidak mudah merembes ke permukaan bagian dalam epoxy.
  • Dapat dikreasikan dengan teknik lukisan 3D sehingga menghasilkan bukan sekadar pelapis lantai namun juga karya seni.

Sementara jika menyinggung kekurangannya, tentu epoxy pun memiliki kelemahan :

  • Masih sulit didapatkan di pasaran, biasanya hanya dijual oleh toko tertentu.
  • Pengaplikasiannya tidak boleh sembarangan, harus dilakukan tenaga profesional yang menguasai tekniknya dengan benar.
  • Kecantikan tampilan akhirnya bergantung pada keterampilan sang tukang karena tidak memiliki motif bawaan seperti keramik.

jasa epoxy lantai

Keramik vs Epoxy, Mana Lebih Direkomendasikan?

Setelah memahami untung rugi kedua pelapis lantai tersebut, tentu lebih mudah untuk menentukan mana yang lebih cocok untuk kebutuhan Anda. Namun jika bicara secara general, mana yang lebih unggul? Jawabannya sederhana. Jika Anda membutuhkan lantai yang mudah didapatkan dan sudah bermotif, tentu keramik pilihan tepat.

Tapi jika Anda membutuhkan lapisan dengan penggunaan jangka panjang, anti resapan dan lebih hemat, maka epoxy lantai tentu lebih tepat. Melalui ulasan perbandingan lantai keramik vs epoxy di atas, Anda dapat memahami lebih dalam keunggulan dan kelemahan masing-masing bahan. Kemudian lebih mudah mengambil keputusan mana yang akan digunakan.

Bicara soal pilihan, tentu akhirnya disesuaikan dengan kebutuhan pengguna jasa. Tentu sudah terbukti banyak keunggulan epoxy bila dibandingkan dengan keramik. Epoxy lantai menawarkan paket lengkap soal daya tahan, harga terjangkau, hingga desain yang apik dan pengaplikasian mudah serta cepat. Dari perbandingan epoxy lantai dengan keramik di atas, mana pilihan Anda?

Apabila anda sedang mencari jasa epoxy lantai berkualitas tinggi, jawaban yang tepat ada di CV. Fazura Epoxy Flooring, Silahkan hubungi kami contact nomer di bawah ini.

Logo Fazura Epoxy Transparant

CV. Fazura Epoxy Flooring

Gg. Cluster CG, Blok B5H, RT 004 / RW 002,
Kel. Gondrong, Kec. Cipondoh, Kota Tangerang,
Banten, Indonesia – 15146
Cek di Google Maps

Call : 021-55712373
Whatsapp :  0813-8168-4721
Email : [email protected]

Leave Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *